Selasa, 22 Desember 2009



DIANPINSA 2009


Hemm,, apa tuh Dianpinsa??

Dianpinsa tuh Gladian Pimpinan Sangga, salah satu program kerja Dewan Ambalan SMA N 1 Klaten. Dewan Ambalan sendiri adalah organisasi dibidang kepramukaan yang ada di SMA N 1 Klaten. Di kegiatan ini ada banyak hal yang akan kita dapatkan, ilmu dan materi, banyak temen, pengalaman, latihan mental, kepemimpinan, tanggung jawab, dan sejenisnya yang penting untuk pengembangan jiwa anak muda.

Kenapa aku nulis blog ini, soalnya aku dulu waktu di SMA jadi pengurus Dewan Ambalan dan sampai sekarang masih peduli dengan kemajuan Dewan Ambalan sendiri,, haiah.. So, aku masih sering maen ke Smansa tercinta. Dari situ, aku mulae belajar berorganisasi, belajar tanggung jawab, saling menghargai, kerjasama, dan sejenisnya. Karena semua itu penting bagi kita. Waktu itu pas megang jabatan angkatanku DA 14. Sekarang udah dipegang DA 16.

Nah, Sabtu-Minggu, 19-20 Desember kemarin diselenggarakanlah acara Dianpinsa. Yang menjadi Sangga Kerja adalah DA 16 (kelas 2) dan diikuti para peserta dari kelas 1 (DA 17). Panitia atau yang sering disebut Sangga Kerja telah menyusun rencana kegiatan ini jauh-jauh hari sebelumnya. Mulai dari rapat nentuin kepanitiaan, jadwal acara, anggaran dana hingga menyusun proposal dan akhirnya disetujui jajaran Wakasek dan Kepsek.

Emang udah tradisi turun temurun kalo para sesepuh atau alumni-alumni yang dulu ada di kepungurusan DA masih diundang dalam semua kegiatan yang diadakan sekarang ini. Agar kemajuan DA bisa terus dipantau dan para alumni bisa memberi nasihat-nasihat, saran-saran atau sekedar sharing bareng. Juga untuk terus menjaga dan menjalin ikatan antar angkatan biar gak terputus dan mengenal satu sama lain.

Hari pertama, pagi hari. Acara diawali dengan upacara pembukaan yang diikuti seluruh peserta, panitia, Pembina pramuka dan tamu undangan. Setelah itu dilanjutkan pengecekan barang-barang peserta dan pembagian ruangan kelas yang akan digunakan untuk tempat tidur. (enak kan gak usah pake tenda..). Kemudian, para peserta digiring ke Aula SMA N 1 Klaten dan mendapatkan materi-materi yang telah disiapkan sangga kerja.

Berhubung kita para alumni memutuskan datang pada sore hari, jadi gak tau persis jalannya acara dari pagi sampai sore hari. Gak terlalu banyak juga sih dari angkatanku DA 14 yang bisa dateng. Soalnya ada masih sibuk dengan kuliahnya diperantauan, ada yang gak dapet ijin dari ortu, tapi ya udah gak apa lah. Seenggaknya masih ada yang dateng dan bantuin jalannya acara ini. Aku, tiara, ari, kaka, galih aka pag’e, adit aka bautz, gilang aka bielong, joko aka jekek yang bisa dateng. Dari angkatan atas (DA 13) juga ada yang dateng. Angkatan 15 (masih aktif disekolah tapi udah kelas 3 dan lepas jabatan) juga dateng.

Malem pun tiba. Tepat jam 8 malem, dimulai acara Welcome to DE. DE tuh, singkatan dari Dewan Ekspektorat, ya kayak kita-kita ini yang udah alumni. Disitu, kita dikasih waktu untuk sekedar perkenalan dan menyampaikan sedikit materi. Berhubung waktu yang diberikan cukup singkat, kita gak menyia-nyiakan waktu, kita sampein materi ringan namun diharapkan mampu dicerna dan diterapkan semua peserta. Abis itu dilanjutin acara api unggun. Disini, tiap kelompok peserta diwajibkan menampilkan pensi. Karena emang kita dasarnya narsis, tetep aja deh berfoto-foto ria..narsis mode:on.. haha.

Setelah pensi selesai, waktunya bubu malem, peserta juga udah pada ngantuk. Disuruhlah mereka keruangan untuk istirahat.

Dideket lapangan upacara, para DE diajak rapat oleh sangga kerja buat bahas Acara malem. Mereka nyampein konsep acara malem dan minta bantuan kakak-kakak DE. Diacara malem ini, konsepnya latihan mental dan penyampaian materi.

Tengah malem, jam 12.30, semua peserta dibangunin dan dikumpulin di lapangan dan wajib menggunakan seragam pramuka lengkap dan membawa semua perlengkapan yang dibutuhin. Setelah itu, semuanya dibawa ke lapangan basket dan diberi sedikit penjelasan sebelum mereka diberangkatkan menyusuri sudut-sudut sekolah sendiri-sendiri. Ditempat-tempat tertentu udah dipasang orang yang didandanin ala hantu.

Ada peserta perempuan yang memberanikan dirinya berangkat. Kemudian diikuti peserta lainnya satu per satu dan diberi jarak 5 menit pemberangkatan. Disepanjang rute perjalanan, akan ada pos-pos yang akan disinggahi. Ditiap pos itu, peserta akan mendapat materi. Ada 4 pos: pos kepemimpinan, pos manajemen waktu, pos loyalitas, dan terakhir pos kesetiakawanan. Per pos masing-masing udah dijaga beberapa orang yang akan memberikan materi. Aku disini jaga pos kesetiakawanan.

Setelah semua peserta melalui semua pos, dikumpulkan kembali di lapangan tenis untuk sekedar sharing bareng.

Waktu udah hampir pagi, semua kembali keruangan untuk bersiap-siap olahraga pagi. Abis itu makan pagi dan dilanjutin wide game.

Siangnya, tiba waktu makan siang dan kemudian packing. Abis itu, semua peserta kembali ke aula untuk evaluasi kegiatan dilanjutkan Upacara Penutupan. Acara selesai, pulang deh.. tapi sangga kerja masih tinggal ditempat buat beresin semuanya.

Kita para alumni udah pulang dari pagi, jadi gak tau jalannya acara sampe selesai. Tapi, pada garis besarnya, acara mereka cukup lumayan karena ini acara pertama bagi mereka.buat kedepannya diharapkan bisa lebih baik.

Aku pribadi, seneng bisa dateng dalam acara ini, bisa bantuin semampuku, bis atetep kenal ma pengurus DA, tau perkembangannya, dan yang paling penting ketemu sama temen-temen yang cukup lama gak ketemu karena kita kulia ditempat berbeda. Ada yang di Solo, Jogja, Semarang. Tapi, meski kita udah pisah, jangan sampai lose contact dan sering-sering maen ke basecamp DA tercinta.

Aku sayaaaaannnnggg kalian semua.. selamanyaaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar